I. Wanita sebagai gadis remaja
Remaja
Masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat
transisi/peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak
lagi memiliki status anak, mengalami perkembangan semua aspek atau fungsi untuk
memasuki masa dewasa. Dalam masa ini
anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun
perkembangan psikisnya, yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan
sosialemosional.
Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono
membedakan masa remaja menjadi 4 bagian, yaitu
1.
masa praremaja 10–12 tahun
2.
masa remaja awal 12–15 tahun
3.
masa remaja pertengahan 15-18
tahun
4.
masa remaja akhir 18-21 tahun
Pubertas
Pubertas(puberty)adalah
perubahan cepat pada kematangan fisik yang meliputi perubahan tubuh dan h
ormonal yang terutama terjadi selama masa remaja awal.
Proses
organis yang paling penting pada masa ini adalah, kematangan seksual. Pada saat
pertumbuha n ini mengalami suatu krisis yaitu kehilangan keseimbangan jasmani
dan rohani. Terkadang harmoni da n fungsifungsi motorik juga terganggu, akan
terlihat gejalagejala tingkah laku seperti, canggung, kakukikuk, muka tampak
kasar dan ”buruk.
Kematangan
seksual sekalipun bersifat biologis namun menentukan sekali sikap, yaitu faktor
psikis anak terhadap diri sendiri dan
konstitusi tubuhnya. Anak mulai menaruh minat besar terhadap keadaan diriny a,
misalnya dengan bersolek. Hal ini dilakukan untuk memupuk harga diri dan
eksistensi dirinya selaku wanita.
II. Anak Gadis pada masa pubertas
1.
Day Dreaming/Mimpi Basah
Istilah mimpi basah,atau datang bulan,sama2
menandakan kematangan seorang remaja. Mimpi basah akan terjadi pada lakilaki
berusia 914 tahun,umumnya terjadi secara periodic berkisar sekitar 23 minggu
sekali.mimpi basah merupakan pengeluaran cairan sperma yang terjadi secara
alamia. Sperm a ini di produksi oleh testis,yang merupakn sala satu organ
reproduksi laki2,ketika alat reproduksi ini mul ai berfungsi maka testisnya
mulai berproduksi.
Mimpi basah kita pakai untuk mengambarkan
pengalaman para laki
laki
yang menginjak dewasa.karena sperma baru muncul dalam kehidupan seorang anak
laki2 saat ia m enginjakmasa pubernya.Saat itu otak mulai mengaktifkan fungsi
seksual,organorgan reproduksi mulai aktif. Salah satunya testis dimana ia
memproduksi sel sperma sebanyak kirakira sejuta sampai 3 juta tiap
harinya.Mimpi basah merupakan mekanisme alami untuk menguras timbu nan sperma
dari dalam tubuh jika tidak di keluarkan melalui mimpi,maka akan terjadi
penyerapan kemb ali sperma oleh tubuh. Ini merupakan tanda akil balik dari
seorang anak laki2 remaja dan harus bersyuk ur apabila seorang anak lakilaki
mengalami mimpi basah,karena itu menandakan anak lakilaki tersebut organ
reproduksinya berfungsi,dan dia termasuk anak lakilaki yang normal.
2.
Rasa Malu Berlebihan
Setiap
manusia haruslah memiliki rasa malu,karena rasa malu merupakn salah satu
control dalam kehid upan seseorang,tetapi apabila rasa malu itu berlebihan dan
tidak masuk akal maka itu akan menjadi ma salah.karena rasa malu berlebihan
akan menghambat kehidupan social seseorang yang sekaligus bisa berdampak
terhadap kemajuan dan kesuksesan dalam hidup dan kehidupan seseorang. Rasa malu
jug a merupakan kombinasi dari kegugupan social dan pengkondisian social,rasa
malu dan rendah diri me miliki keterkaitan dan apabila di telusuri banyak orang
yang merasa malu yang di sebabkan karena dia merasa rendah diri,rasa malu juga
dapat di gambarkan semacam perasaan tidak nyaman,sementara or ang yang menderita
rendah diri apabila orang tersebut kurang berharga di banding dg orang lain.
Di bawah ini beberapa cara menghilangkan
rasa malu berlebihan:
a.
Kenalilah rasa malu itu,apa
yang membuat kamu merasa malu,apakah keadaan fisik,atau halhal yang bersifat
psikologis.
b.
Berhentilah menyalakan orang
lain untuk menutupi rasa malu.sadarilah bahwa rasa malu itu bersumber dari
dalam diri sendiri bukan dari luar,namun jangan pernah menyalahkan diri
sendiri.
c.
Ketika sedang mengalami rasa
malu,amatilah reaksi tubuh kamu,apakah kamu merasa tidak nyaman,gelisah,serba
salah,tangan gemetar,atau reaksi fisik lainya.telusurilah apa yang menyebabkan
perasaan negative itu muncul.
d.
Kenalilah kelemahan kamu,apa
yang membuat kamu merasa malu,karena semua orang memiliki kelemahan,tidak ada
orang yang sempurna namun sebisa mungkin kita mencoba memperbaiki kelemahan t
ersebut.
e.
Kenal dan kembangkan terus
kelebihan dan keistimewaan kamu,karena seseorang selain memiliki kelemahan
pasti memiliki kelebihan,dan kelebihan itu merupan modal untuk percaya diri. f.
Apabila kamu merasa perasaan malu itu benarbenar di luar control maka
berkonsultasilah dengan seorang yang berpengalaman dan kamu percayai.la ngkah
terahir adalah jumpai psikolog untuk meminta solusi permasalahan.
g. Lawan rasa malu dengan berusaha bersikap lebih santai,karana rasa
malu berlebihan akan membuat kita kelihatan kaku dan konyol.
h.
Tampilkan sisi
terbaik,toljolkan kelebihan yang di miliki.
i.
Jangan takut akan penolakan dan
cacian,jika di awal mental kita sudah jatuh,maka dapat di pastikan penampilan
tidak akan maksimal.
j.
Pelajari situasi,jangan sampai
rasa malu,justru membuat kita terjebak dalam situasi,harus belajar untuk tetap
tenang,dan pelajari apa yang sedang terjadi
3. Antagonisme Sex
Antagonisme sex dapat di artikan sebagai
suatu perasaan tidak senang atau menentang suatu yang ber hubungan dengan
sex,yang di aplikasikan dalam sikap dan prilaku. Seorang yang mengalami
hambatan sexual,tidak dapat merasakan
ataupun membedakan,antara jender yang ada pada dirinya. FactorFaktor terjadinya
antagonisme sex : a. Meskipun dia seorang laki
laki atau perempuan tidak
normal yang sering kita sebut dengan gay atau lesbi,maka dia tidak akan me
nikmati fantasi seksual yang normal.dan dia akan gagal menikmati fantasi sexual
pada dirinya. b. Memiliki hambatan nafsu sex dengan lawan jenis
c. Trauma perkosaan,atau melihat kejadian penyiksaan yg berhubungan
dengan sex. d. Mendengar ceritraceritra tentang sex yang tidak jelas,dan yang
ada hanya informasi yang salah tentang sex.
(ketidak tahuan ttg info sex)
e.
Hubungan keluarga dan lingkungan yang buruk,di mana beberapa orang tua
mengajarkan anak gadi snya untuk mempercayai,sek adalah sesuatu yang
buruk,kegiatan yang memalukan,di mana seseorang
berbuat sekehendak hatinya,sex tidak pernah di bicarakan terbuka dalam
keluarga. f.Kesehatan yang buruk,mengalami penyakit fisik dan mental,namun ini
kemungkinannya sangat kecil
4. Kurang Percaya diri
Kurang
percaya diri atau rendah diri adalah perasaan menganggap terlalu rendah pada
diri sendiri ,oran g yang rendah diri berarti menganggap diri sendiri tidak
mempunyai kemampuan berarti.
Ciri kurang percaya diri:
1.
Selalu menyendiri dan menarik
diri dari pergaulan (bersifat introfert)
2.
Selalu ragu dalam bertindak
3.
Tidak dapat bersaing
positif,seperti persaingan kepandaian,dan kegiatan lainnya.
Secara psikologi kurang percaya diri di
sebabkan oleh:
1.
Overprotected anak yang selalu
di kekang, kurang di berikebebasan untuk mengaktualisasi diri,meras a
independen atau menerima keputusan sikapnya sendiri.mereka merasa takut untuk
berbuat salah aki batnya banyak hal yang membuat mereka ragu untuk melakukan
sesuatu bahkan membuat si remaja m enjadi tidak mau untuk melakukannya.
2.
Terlalu dibiarkan. tampaknya
akan membuat anak melakukan banyak hal dan menjadikannya PD. Namun hal ini bisa
sebaliknya jika kebebasan yang di dapatkan tampa arah dan bimbingan mereka akan
m erasa dirinya tidak di butuhkan,bahkan seperti di buang begitu saja oleh
keluarganya,sehinga mereka m erasa kosong dan tidak memiliki hub emosional yang
baik
3.
Perfeksionis. Kita adalah
manusia yang juga memiliki kelemahan,menuntuk kesempurnaan untuk seo rang anak
tanpa di barengi pengertian,anak akan menjadi takut untuk berbuat dan takut
untuk tidak sem purna.
4.
Sering di kritik dan di
kecewakan.kritik merupakn hal yang wajar,akan tetapi harus ada solusi dan
alasan,demikian pula dengan di kecewakan,berilah alasan dan sebabsebab kenapa
harus di kritik,kita juga harus memberikan pujian sebagai sisi positif
penyeimbang. 5. Mencontohi lingkungannya.arahkan mereka,agar jika mencari
panutan sebaliknya fahami dulu sikap2 orang yang akan di panut.jangan menerima
mentahmentah.
6.
Percaya dengan ketidak mampuan.dengan terlihat tegang dan putus asa kemudian
mengatakan “Aku tidak sangup”Aku tidak
bisa”.dan kalimatkalimat penolakan lainya,karena takut gagal kemudian di marahi
dan di kucilkan.ahirnya lama kelamaan mereka benar2 merasa tidak mampu.
HALHAL YANG PERLU DI LAKUKAN TERHADAP
ORANG YG KUPERDIR
1.
Memberi pengertian. Komunikasi
adalah kuncinya,ajak mereka berfikir rasional,kenapa harus melakukan tugas
ini,mengapa harus bersikap seperti ini,kenapa harus meruba penampilan.dll
2.
Beri pujian. Beri pujian sangat
penting untuk memotivasi mereka.pujian dan kritik harus proposinal(memiliki
kadar yg sama).ingt bahwa remaja belum matang dan perlu bimbingan.
3.
Beri contoh. Tunjukan kepada
mereka orang2 yang sukses,dan berhasil karna mereka PD,walaupun kadang2 secara
fisik mereka tidak cantik,tapi bisa juga pintar dan memiliki kelebihan.
HALHAL YG DI LAKUKAN UNTUK MENGATASI
KURANG PERCAYA DIRI
1.
Menciptakan definisi diri
positif
2. Membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri,belajar melihat
bagian2 positif dalam diri,menghentikan opini negative dalan diri
3.
Memperjuangkan keinginan yang
positif
4.
Mengatasi masalah secara
positif
5.
Memiliki model teladan yang
positif
5.
Sikap Tidak Tenang
Sikap
tidak tenang adalah suatu keadaan ketidak seimbangan emosi,yang manifestisinya
kepada tingka laku,yaitu gelisah,banyak tingkah,mudah berubahubah.kebiasaan
remaja ketika mengalami hal ini adalah,tidak bisa duduk atau berdiri dengan
tenang dal am waktu yang lama,hal ini di sebabakan oleh tidak adanya control
emosi,sehinga fisikpun merasakan a gresifitas mentalnya.
6.
Keinginan untuk menyendiri
Anak
pada masa perkembanganya terkadang membutuhkan space (tempat) untuk menyendiri,tidak
bert eman dan mengasingkan diri dari kelompoknya ketika dia bermasalah dengan
dirinya sendiri atau berm asalah dengan teman sebayanya.anak pada masa
puberitas cenderung mengasingkan diri mana kala merasa ada hal yang kurang
cocok dengan dirinya atau (minder).
7.
Keenganan untuk bekerja
Keseganan
untuk bekerja adalah,tidak mau tidak sudi,atau rasa malas untuk melakukan suatu
pekerjaa n. Ketika masa peralihan dari masa kanakkanak menuju masa remaja,di
mana pada masa remaja sudah mulai di beri tanggung jawab untuk beke rja maka
situasi seperti ini akan menjadi masalah,karena sebelumnya tiidak terbiasa
dengan pekerjaan serius.
Kepada orang tua di harapkan agar dapat:
1.
Berkomunikasi untuk mengarahkan
remaja bahwa mereka sudah mulai belajar di beri tanggung jawab.
2.
Memberikan kesempatan kepada
remaja untuk aktualisasi diri
3.
Memberikan kesempatan kepada
remaja untuk bertanggung jawab dengan apa yang di lakukan
Konsisten dengan menerapkan disiplin
III. ANAK GADIS PADA MASA ADOLESCENCE
Pada
masa adolescence,biasanya akan terjadi perubahan pada diri seorang gadis baik
fisik maupun psi kis,walaupun akibatnya sementara akan tetapi mempengaruhi
perubahan dalam pola prilaku,sikap dan kepribadian.perubahnperubahn tersebut
di antaranya:
1.Cinta Diri
Dua
kata yang perlu di jelskan dari kutipan di atas yaitu: cinta dan diri
sediri.Cinta bermakna perasaan p uas pada diri seseorang,sehinga suatu atau
yang di cintai akan mendapat perlakuan yang istimewa dari orang yang di
cintainya,mendapat penjagaan,di perlakukan secara istimewa,membayangkan
keberadaa nnya,semua hal yang di lakukan karena cinta adalah demi menjaga
keberadaan dan rasa puas yang di miliki terhadap yang di cintai. Kalau yang di
cintai berupa barang,maka barang tersebut tidak akan pern ah di rusakan,cacat
atau di rampas orang. Diri sendiri artinya bukan orang lain istilahnya yaitu
“AKU”,me liputi tubuh dan batin.jadi mencintai diri sendiri adalah mencintai
tubuh dan batin,bagaimana seseorang mencintai didrinya maka ia akan merawat
tubuhnya,menjaganya,dan tidak akan membahayakannya. Cinta diri merupakan sumber
pergeseran dan benturan sebanyak komponen yang ada pada manusia,ci nta diri
menciptakan tuntutan hasrat dan kebutuhan serta kebebasan yang meluas pada
manusia.ada d ua kepentingan hidup yaitu kepentingan pribadi dan kepentingan
umum.berkorban demi kepentingan u mum menjadi tidak berarti,karena naluri cinta
dirinya tidak membiarkan kehilangan kesempurnaan sediki tpun dari
dirinya.berdasarkan cinta diri setiap manusia selalu mendahulukan kepentingan
pribadi di atas kepentingan umum.
Ada 2 jenis Cinta Diri: a. Cinta Diri Positif
Terdiri dari,kecintaanmu pada dirimu,jelas
melebihi kecintaanmu pada orang lain.
Cinta pada diri sendiri dan orang lain
dapat saling berdampingan
Cintailah
orang di sekelilingmu sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri,menunjukan
bahwa integri tas keunikan diri serta cinta dan pengertian terhadap manusia
lainya. b. Cinta diri negative
Dimana
seseorang hanya mencintai dirinya sendiri tanpa mementingkan kepentingan orang
lain.dan me mentingkan kepentingan dirinya tanpa mempertimbangakan orang lain
di sekelilingnya.
2.
FANTASI SEXUAL
Pada masa ini seseorang
mulai merasakan cinta dan kasih saying satu sama lain,mempunyai perhatian yang
lebih mengenai siapa dan bagaimana mereka(lawan jenis) di mata orang
lain,mereka mulai meras akan ketertarikan secara sexual antara satu dengan yang
lain.sehinga timbul yang di namakan rasa suk a,ingin memiliki dan saling
memuji.bagi remaja yang pola perkembanganya normal dalam arti dia menya dari setiap
tahap perkembangan,maka tidak adanya hambatan dalam dirimya untuk melewati fase
ini,ak an tetapi apabila ada remaja yang memang tidak melewati fase ini maka
akan terjadi keterbelakangan d aya tarik atau ketertarikan dengan lawan jenis
pada masanya.
3.
MULTIPLE PERSONALITY
Kepribadian
ganda (tidak hanya 2 kepribadian, bisa lebih dari 2) atau multiple personality.
Secara muda hnya bisa di katankan 2 atau lebih jiwa yang menghuni badan dan
raga seseorang.ini merupan sala sat u bentuk kelainan jiwa,dalam pengertian
umum kelainan jiwa tidak sama dengan sakit jiwa.sakit jiwa kon otasinya
seseorang yang kehilangan realitas hidupnya,tertawa
sendiri,menagis,berhalusinasi.sedangkan
kelainan jiwa lebih halus dari sakit jiwa,kelainan jiwa masi dalam tahap
normal,tidak mengganggu dan bi asanya tidak teridentifikasi bila tidak
mengunakan alat tes psikologi.,contoh:rasa takut berlenihan,takut g elap,takut
keramaian,takut laba
laba
(secara berlebihan).kelainan jiwa ini bisa bersifat keturunan atau juga
pengaruh lingkungan biasany a karena obsesi yang mendalam atau tekanan
jiwa/batin yang keras dan lama.penyebab terjadinya gan gguan kepribadian
majemuk di akibatkan oleh penyiksaan fisik yang di lakukan oleh ibu atau
bapaknya s endiri.akan terjadi pribadi dominan bisa menyadari pribadipribadi
lainya namun pribadi asli kadang tidak menyadarinya sama sekali.
4.
PSEDOAFEKTIVITAT
Menurut
Dr.helena deutsh bahwa relasi emosional,dari identifikasi total,di sebut
PSEDOAFEKTIVITAT,ya ng dapat menimbulkan gejalagejala neorologis dan patologis.ada
juga gadisgadis adoleseanse yang berbakat intelektual tinggi yang tidak mampu
mengendalikan macammacam identifikasi,dan tidak mampu membatasi wilayah
identifikasinya ia sangat mudah terpengaruh ol eh sugesti dari luar,sehinga ia
sulit mendapatkan keseimbangan batin.
Peristiwa
ini memberikan efek yang destruktif merusak pada diri sendiri dan lingkunganya,
contoh kongk ritnya adalah:
a.Peristiwa kawin cerai berulang kali
b.
Prostitusi/pelacuran
c.
Bergantiganti lapangan kerja
tanpa sebab yang jelas
d.
Petualangan cinta (ganti2
pacar).
Adakalnya identifikasi total ini
mengakibatkan timbulnya,pribadi majemuk di mana munculnya pribadi se ndiri yang
tidak sama dengan pribadi yang teridentifikasi,freud menanamkan gejala tersebut
sebagai fen omena hidup.proses identifikasi ini bisa berlangsung terhadap
beberapa orang sehinga timbul perpecah an pribadi yang di kenal sebagai gejala
majemuk pribadi.
Makalah II
Gangguan Psikologis pada masa reproduksi
Peristiwa
paling penting pada masa pubertas anak gadis adalah gejala menstruasi atau
haid, yang menj adi pertanda biologis dari kematangan seksual.
Definisi Menstruasi
Menstruasi
adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan
dan terjad i setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang
terjadi terus menerus setiap bulannya d isebut sebagai siklus menstruasi.
Secara normal menstruasi berlangsung kurang lebih pada usia 11
16 tahun.
Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 –
7
hari.Cepat atau lambatnya kematangan seksual (menstruasi, kematangan fisik) ini
kecuali ditentukan oleh konstitusi fisik individual, juga dipengaruhi oleh
faktor ras, suku bangsa, iklim , cara hidup, dan milie u yang melingkungi anak.
Badan yang lemah atau penyakit yang mendera seorang anak gadis, umpam anya bisa
memperlambat tibanya menstruasi.
Menstruasi
merupakan suatu pengalaman psikis dimana biasanya sebelum mendapatkan menarche
(m enstruasi yang terjadi pada pertama kali) setiap anak wanita mempunyai
antisipasi yang berbedabeda yang juga merupakan “reaksi individual”.
Pada masa ini timbul bermacammacam
peristiwa :
1.
Reaksi hormonal
2. Reaksi biologis 3. Reaksi psikis Menstruasi :
ð Dapat berjalan dengan
normal pada saat suasana hati yang normal ð
Dapat juga menimbulkan masalahmasalah psikosomatis
Semakin
muda usia maka semakin belum siap menerima peristiwa haid yang juga bisa
terjadi peristiwa ‘ shock reaction”(perasaanperasaan tidak enak, mual, cepat
lelah, depresi, sedih, tertekan). Ia belum siap menerima peristiwa haid akan semakin terasa “kejam mengancam”. Yaitu
rasa pahit menyebalkan sebagai handicap/gangguan atau sebagai reaksi kejutan
dalam anggapan fantasi anak. Reaksi psikis saat haid yang pertama yaitu “k
omplek kastrasi/trauma genitalia”, dimana muncul gambaran fantasi yang anehaneh
yang menimbulkan kecemasanketakutan dan perasaan bersalah
berdosa.
Gejala yang sering terjadi dan sangat mencolok pada peristiwa, haid pertama
ialah kecemasan atau ketakutan yang
diperoleh keinginan untuk memperoleh proses fisiologis tadi.kadang sang anak me
nyalahkan sang ibu dan terkadang merasa digenangi dosa. Maka banyak peristiwa
menstruasipertama i tu dihayati oleh anak gadis sebagai satu pengalaman yang
traumatis. Informasi yang salah seputar haid
diantaranya akan dihubungkan
dengan bahayabahaya tertentu, halhal yang najisharam, dikaitkan dengan dosa
dan halhal yang menjijikkan.
Anak
gadis kemudian menentang dengan keras untuk membersihkan dirinya dan banyak
diantara mere ka menyembunyikan semua pakaian ynag kotor dan kainnya dalam laci
–
laci atau disudut lemari, gadis tersebut
merasa terhalangi atau merasa dibatasi kebebasan dirinya oleh datangnya haid.
Seperti tidak bisa berenang, berolahraga, beribadah. semuan ini menjadi
pengalaman yang kurang menyenangkan.
Faktorfaktor yang mempengaruhi pengertian
tentang haid
1.
Usia anak
2.
Tingkat perkembangan psiko/jiwa
3.
Lingkungan
4.
Pendidikan
Pada
anak gadis mempunyai kecenderungan neurotis dalam usia pubertas dan banyak
mengalami konfl ik batin, memunculkan beberapa tingkah laku patologis, berupa
kecemasan fobia, minat yanag sangat b erlebihan, bentuk hypochoondria, adapun
rasa bersalah. Pada yang lebih tua , penolakan terhadap men struasi bisa
menimbulan penyakit psychogwene Amenorrhoe, berupa gangguan fisik dan psikis,
ganggu an fungsional yang disebabkan penyakit ini umumnya sulit disembuhkan
baik dengan pengobatan fisis maupun organis. Maka informasi yang positif sangat
berguna agar tidak terjadi kesalah pemahaman ter hadap para wanita yang
mengalami menstruasi. Timbul pula gangguan –
gangguan psikis, problem psikis, dan ganagguan
genital. Seperti : rasa pusing –
pusing, rasa mual, amenorrhoe(haid berhenti),
dysmenorrhe (haid yang disertai rasa nyeri), haid yang t dk teratur, perdarahan
terus menerus, viscarierend menstruatie,neurosa, dan lain – lain.
1. Komplek Kastrasi (Trauma Genetalia)
Pada beberapa peristiwa komplek kastrasi atau trauma genetalia
muncul macammacam gambaran fantasi yang anehaneh dibarengi kecemasan dan
ketakutan
ketakutan
yang tidak riil, disertai perasaan berasalah/berdosa, yang semuanya dikaitkan
dengan masala h pendarahan pada organ kelamin dan proses haidnya.
Oleh
adanya informasi yang salah, kemudian dikembangkan menjadi suatu reaksi fantasi
yang tidak riil, maka proses menstruasi itu kemudian senantiasa dikaitkan
dengan bahayabahaya tertentu. Juga dihubungkan dengan kotoran dan halhal yang
najis haram serta dipautkan dengan dosa dan halhal yang menjijikkan. Peristiwa
ini sering kita jumpai pada sikapsikap penuh takhayul. Juga bentuk kecemasan
yang terdapat pada wanita
wanita
infantil dan kecemasankecemasan pada penderita neurosa, dipenuhi oleh
fantasifantasi dan mimpimimpi serba menakutkan. Semuanya ada sangkkut pautnnya
dengan masalah haid. Gejala yang sering terjadi dan sangat mencolok pada
peristiwa haid pertama ialah kecemasan atau keta kutan diperkuat oleh keinginan
untuk menolak proses fisiologi tadi. Maka pada banyak peristiwa, menstr uasi
pertama ini dihayati oleh anak gadis sebagai satu pengalaman traumatis.
2. Teori Cloaca
Sewaktu
haid pertama terkadang muncul anggapan keliru yaitu anggapan yang sesuai dengan
teori “Cl oaca” (riool, saluran burung, kanal atau membuang kotoran, ujung dari
liang usus tempat bermuaranya saluran kencingn dan poros usus) yang menyatakan
segala sesuatu yang keluar dari rongga tubuh itu a dalah kotor, najis,
menjijikkan serta tanda nod dan tidak suci. Atas dasar pandangan yang keliru
ini timb ul kemudian rasa malu, rasa diri tidak bersih atau tidak suci, merasa
diri kotor bernoda dan diliputi emosi emosi negatif lainnya.
Dalam situasi demikian haid pertama itu mungkin dihayati oleh anak
sebagai satu proses “mengeluarka n darah kotor dari tubuhnya” dengan mana ia
menyingkir, menyendiri atau harus diisolir. 3. Fobia
Fobia
adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia
bisa dikatakan da pat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi
sebagian orang, perasaan takut seorang p engidap Fobia sulit dimengerti. Itu
sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh tem an
sekitarnya. Ada perbedaan "bahasa" antara pengamat fobia dengan
seorang pengidap fobia. Penga mat fobia menggunakan bahasa logika sementara
seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bah asa rasa. Bagi pengamat dirasa
lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti k ecoak
atau tikus. Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut
menjadi benda yang sangat besar,
berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.
Dalam keadaan normal setiap orang memiliki
kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila se seorang terpapar terus
menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya
fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci,
yang disebabkan oleh
ketidak
mampuan
orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain
terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan
oleh suatu keadaan yang sangat ekstrim seperti trauma bom, terjebak lift dan
sebagainya.Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi akan memiliki
kesulitan em osi (mental blocks) dikemudian harinya. Hal tersebut dikarenakan
orang tersebut tidak memiliki saluran pelepasan emosi (katarsis) yang tepat.
Setiap kali orang tersebut berinteraksi dengan sumber Fobia sec ara otomatis
akan merasa cemas dan agar "nyaman" maka cara yang paling mudah dan
cepat adalah d engan cara "mundur kembali"/regresi kepada keadaan
fiksasi. Kecemasan yang tidak diatasi seawal mu ngkin berpotensi menimbulkan
akumulasi emosi negatif yang secara terus menerus ditekan kembali ke bawah
sadar (represi). Pola respon negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek
subjek fobia lai nnya dan intensitasnya semakin meningkat. Walaupun terlihat
sepele, "pola" respon tersebut akan dipak ai terus menerus untuk
merespon masalah lainnya. Itu sebabnya seseorang penderita fobia menjadi se
makin rentan dan semakin tidak produktif. Fobia merupakan salah satu dari jenis
jenis hambatan sukses lainnya.
4. Hypochondria
Hypochondriasis
adalah gangguan dimana seseorang disibukkan dengan rasa takut mengalami penyaki
t serius.
Hypochondriasis
terjadi paling sering diantara usia 20 dan 30 tahun dan tampak mempengaruhi
kedua j enis kelamin secara seimbang. Beberapa orang dengan hypochondriasis
juga mengalami depresi atau k egelisahan.
Pada
Hypochondriasis, perhatian orang tersebut mengenai penyakit serius seringkali
didasarkan pada s alah tafsir pada fungsi normal tubuh. Pemeriksaan dan
penentraman hati kembali oleh dokter untuk me nghilangkan perhatian mereka;
orang dengan hypochondriasis cenderung untuk percaya bahwa dokter bagaimanapun
juga telah gagal untuk menemukan penyakit yang mendasari.
PENYEBAB
Tubuh manusia normal secara terus
menerus
menghasilkan berbagai sensasi dan gejala sakit di sini, kedutan di sana.
Kebanyakan orang ti dak pernah melihat ini, mengabaikanya atau memperlakukan
mereka sebagai, sensasi umum seharihari yang mereka rasakan seperti biasanya.
Tapi bila Anda memiliki penyakit hypochondria, setiap sensa si atau gejala,
tidak peduli seberapa kecil, adalah bukti kepada Anda bahwa Anda memiliki
penyakit yan g serius atau yang mengancam jiwa. sakit kepala A, misalnya,
sinyal tumor otak. Sebuah tangan gemeta r sinyal penyakit Parkinson. Batuk,
kanker paruparu.
Kenapa satu orang bisa
mengabaikan sensasi tubuh umum sementara yang lain dengan hypochondria menjadi
murung tidak diketahui hipokondria tidak diketahui penyebabnya secara
spesifik. Beberapa ahl i percaya bahwa penyakit hypochondria adalah jenis
gangguan obsesif
kompulsif,
dan penelitian lebih lanjut dapat mengungkap koneksi dan kemungkinan
penyebabnya. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perlawanan alami
tubuh atau
respon
mungkin sebagian bertanggung jawab yang menyebabkan penyakit hypochondria.
Orang denga n keadaan murung sering merasa cemas. Kecemasan dapat menyebabkan
rangsangan fisiologis dalam tubuh yang
mencakup peningkatan denyut jantung, sesak napas, berkeringat, mual, pusing dan
sensas i lainnya. Bila Anda memiliki penyakit hypochondria, Anda salah
menafsirkan tandatanda dan gejala sebagai bukti lebih lanjut dari penyakit,
yang meningkatkan kecemasan Anda, dan pad a gilirannya, mengintensifkan gejala
Anda, menciptakan lingkaran setan.
PENGOBATAN
Pengobatan
Hypochondriasis adalah sulit, karena seseorang dengan Hypochondriasis
diyakinkan bahw a sesuatu di dalam tubuh adalah kesalahan serius. Penentraman
hati tidak menghilangkan perhatian ini.
Meskipun begitu, hubungan kepercayaan dengan dokter yang perduli adalah
bermanfaat, khususnya jik a jadwal kunjungan yang teratur. Jika gejala
gejala
orang tersebut tidak cukup hilang, orang tersebut bisa menerima manfaat dari
referral kepada ter apis untuk penelitian dan pengobatan lebih lanjut, dengan
melanjutkan perawatan dokter primer. Pengo batan dengan Penghambat Reuptake
serotonin, kelas antidepresan, kemungkinan efektif. Terapi cogniti vebehavior
bisa juga meringankan gejalagejala.
5.
Paranoid
Pengertian
Paranoid adalah kelainan jiwa yang disebabkan oleh ketakutan yang amat sangat.
Ketakutan dapat muncul karena seseorang
membayangkan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu, atau kejadia n yang
mungkin terjadi di masa depan.
6. Psychogene Aminore Penolakan
penolakan yang timbul
dalam masa menstruasi dapat mengakibatkan penyakit psychogene Amenorrhae ,
berupa gangguan fisik dan psikis yang komplek. Gangguan fungsional pada
psychogene Amenorrhae pada umumnya sulit disembuhkan dengan pengobatan fisik
atau pengobatan organis. Biasanya hanya d engan terapi psikologislah orang
mampu menyembuhkannnya dengan cepat.
0 komentar:
Posting Komentar